INSTALASI ASTERSIK PADA VIRTUALBOXS

Assalam'mualaikum Wr.Wb

Kembali lagi blog Bidang Kreatif   oke pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara installasi astersik dan cara mengkonfigurasinya,yuk langsung aja kelang-langkahnya.



Pertama yang perlu kita siapkan 
  1. Aplikasi VirtualBoxnya
  2. Pc/Laptop
  3. Koneksi Internet
  4. Aplikasi zoiper(1)
  5. Aplikasi 3xphones(2)

Langkah-langkah
  1. kita instalasi virtal boxs dan sudah terinstalasi. setelah itu kita mulai untuk mulai mengkonfigurasinya, dengan ketikan perintah. "nano /etc/asterisk/sip.conf"   Kemudian muncul tanmpilan seperti dibawah ini
       

       2. Selanjutnya kita isikan,seperti ini  gambar dibawah ini ingat dalam penulisan harus dilakukan            dengan teliti dan harus hati-hati,jangan sampai salah penulisan karena bisa mempengaruhi                  dalam  mengkonfigurasi 3xphone dan zoiper,kemdian kita save dengan cara                                          CTRL+X=>Y,kemudian kita restart dengan klik perintah "service asterisk restarat".
             



  3. Langkah berikutnya ketikan perintah yang sama seperti langkah nomer 3 ketikan perintah "nano        /etc/asterisk/sip.conf". kemudian tulis seperti gambar dibawah ini. langkahnya sudah selesai              kemudian kita tinggal mengnyetting 3xphones dan zoiper.



 4.Buka aplikasi 3xphones keudian klik tombol tengah kita pilih accounts,lalu kita setting,seperti ini        kemudian klik oke. Untuk 3xphones yang satu saya disini menggunakan angka 100 setelah itu kita      oke disini saya menggunakan ip 192.168.12.130.



3xphones 2 saya menggunakan nomer 200



5. Kita setting zoipernya dengan cara klik aplikasi zoiper kemudian klik setting selanjutnya pilih            crreate new accont lalu isikan seperti gambar ini.





6.Langkah selanjutnya kita mencoba menelefon ketikan nomer yang kita tuju,setelah berhasil akan         muncul gambar seperti dibawah ini. berarti langkah yang kita lakukan telah berhasil.










Semoga bermanfaat
Terimakasih selamat mencoba 

                                                                         Wassalam mualaikum Wr.Wb.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Setting Nat Pada Router Mikrotik